Loading...
Ilmu

Pengertian Ilmu dan keutamaannya bag.2(selesai).

الحمد الله وحده والصلاة والسلام على رسول الله وعلى أله وأصحابه ومن والاه

أما بعد

Dalam tulisan yang telah lalu kita telah berbicara tentang tujuan manusia diciptakan.manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah dan menjadi pemimpin diatas permukaan bumi,karena tujuan yang agung dan mulia tersebut manusia sangat membutuhkan ilmu untuk merealisasikan tujuan tersebut.insya Allah kita akan membahas apa itu ilmu dan keutamaannya.

Ilmu(sains,knowledge) berasal kata dari  bahasa Arab.Isim(kata benda) mashdar dari:عَلِمَ-يَعلَمُ-عِلمًا.yang berarti wawasan dan pengetahuan,lawan kata(kebalikan) dari ilmu adalah kebodohan/stupid (الجَهلُ).sedangkan dalam istilah Ilmu adalah:

إدراك الشيء على حقيقته إدراكا جازما

:mengetahui sesuatu dengan sebenarnya berdasarkan pengetahuan yang pasti.

Keutamaan dan pentingnya Ilmu sudah tidak diragukan lagi,karena setiap invidu menyadari bahwa ilmu itu merupakan sesuatu hal yang sangat penting didalam kehidupan.didalam al-Qur’an banyak ayat yang berbicara mengenai pentingnya ilmu dan keutamaannya serta pemilik ilmu tersebut.begitu juga didalam Sunnah(Hadits) dan Sya’ir-Sya’ir orang Arab,sangat banyak yang berbicara betapa pentingnya ilmu itu didalam kehidupan.

Didalam al-Qur’an surat al-Mujadalah ayat 11 Allah ‘azza wajalla berfirman:

يرفع الله الذين أمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات

:Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman diantara kamu,dan orang yang berilmu beberapa derajat.

Begitu juga didalam surat Fathir ayat 28 Allah ta’ala berfirman:

إنما يخشى الله من عباده العلماء

:sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu.

Didalam surat an-Naml ayat 15 Allah subhanahu wata’ala menceritakan kisah Nabi Dawud dan Nabi Sulaiman عليهما السلام yang sama-sama bersyukur kepada Allah karena Allah jalla wa’ala memberikan ilmu kepada keduanya.Allah ta’ala berfirman:

ولقد ءاتينا داود وسليمان علما,وقالا الححد لله الذي فضلنا على كثير من عباده المؤمنين

:sungguh telah kami berikan ilmu kepada (Nabi) Dawud dan (Nabi) Sulaiman,maka keduanya berkata:segala puji bagi Allah yang telah mengutamakan kami diatas kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.

Itulah antara lain ayat-ayat yang mengandung keutamaan ilmu.adapun Sunnah Rasulullah صلى الله عليه وسلم betapa banyak yang membicarakan tentang keutamaan Ilmu.antara lain:

العلماء ورثة الأنبياء وإن الأنبياء لم يورِّثوا دينارًا ولا درهمًا، إنَّما ورَّثوا العلم

فمن أخذَه أخذ بحظٍّ وافر

رواه  أبو داود والترمذي وابن ماجه

:ulama adalah pewaris para Nabi,sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham,mereka hanya mewariskan ilmu.barangsiapa yang mengambilnya maka dia telah mengambil sesuatu yang sangat banyak.

HR.Abu Dawud,Tirmidzi,dan Ibnu Majah.

Didalam Hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Thabrani Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

فضل العالم على العابد كفضلي على أدناكم

:keutamaan seorang yang berilmu atas ahli ibadah(yang tidak berilmu) seperti keutamaanku terhadap orang yang paling rendah derajatnya diantara kamu(dari umat Islam).

Didalam Hadits yang lain Rasulullah shollallohu ‘alaihi wasallam bersabada:

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة

رواه مسلم

:barang siapa yang menempuh jalan guna menimba ilmu, niscaya Allah akan mudahkan baginya, berkat amalan ini jalan menuju ke surga.

HR.Muslim

Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله pernah berkata:

الناس إلى العلم أحوج منهم إلى الطعام والشراب، لأن الرجل يحتاج إلى الطعام والشراب في اليوم مرة أو مرتين وحاجته إلى العلم بعدد أنفاسه

:manusia lebih membutuhkan ilmu daripada makan dan minum,karena seseorang membutuhkan makanan dan minuman hanya sekali atau dua kali dalam sehari,sementara kebutuhannya terhadap ilmu sebanyak jumlah nafasnya.

Seorang penyair pernah berkata:

الجاهل صغير وإن كان شيخا، والعالم كبير وإن كان حدثا

:seseorang yang bodoh derajatnya sangat rendah walaupun dia sudah tua,seseorang yang berilmu derajatnya sangat tinggi walaupun dia masih muda.

Mudah-mudahan tulisan yang sangat sederhana ini bisa menjadi motivasi bagi kita didalam belajar dan menuntut ilmu,semoga Allah memberikan kita ilmu yang bermanfaat yang membuahkan amal shalih dan rasa takut serta khusyu’ kepadanya.

اللهم ارزقنا علما نافعا وعملا صالحًا

:yaa Allah berikanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat dan amal yang shalih.

 

وصلى الله على نبينا محمد وعلى أله وأصحابه أجمعين

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *