Loading...
Dakwah

Pengertian Dakwah dan keutamaannya Bag.3

Urgensi Dakwah(أهمية الدعوة)

حمدا وشكرا لله والصلاة والسلام على نبي الله محمد بن عبد الله الذي من لا نبي ولا رسول بعده,أما بعد

Dalam tulisan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita seputar pengertian Dakwah dan keutamaannya.insya Allah kita akan melanjutkan untuk membahas urgensi dan betapa pentingnya Dakwah,kemudian kita akhiri dengan pembahasan keutamaan Dakwah ataupun berdakwah dijalan Allah.

Urgensi dan perlunya dakwah dapat diketahui dalam beberapa hal,antara lain:

1.Berdakwah dijalan Allah adalah menyebarkan dan menyampaikan risalah Islam,seandainya tidak ada yang berdakwah pasti akan banyak manusia yang tidak mengenal dan mengetahui tentang Islam.dengan adanya Dakwah banyak manusia yang mendapat cahaya Islam,hidayah,dan kebenaran.

2.Dakwah adalah memperbaiki dan membenarkan pemandangan dan penilaian yang salah tentang Islam.karena sebagian manusia menganggap Islam  adalah agama yang radikal,suka kekerasan,dan agama yang haus darah.melalui Dakwah banyak yang sadar bahwa Islam bukanlah demikian,tetapi Islam adalah Agama rahmat bagi seluruh alam(رحمة للعالمين).

3.Dakwah adalah jalan yang menyampaikan kepada kebahagiaan hidup dan keselamatan didunia dan akhirat.

4.Dakwah adalah jalan kemenangan untuk memperoleh dan memasuki syorga.

Keutamaan Dakwah(فضل الدعوة)

Sesungguhnya keutamaan Dakwah dan berdakwah sangat banyak,karena Dakwah adalah profesi dan tugas para Nabi dan Rasul.termasuk keutamaan Dakwah antara lain:

1.dalam Surat Fushshilat ayat 33 Allah ‘azza wajalla berfirman:

ومن أحسن قولا ممن دعا إلى الله وعمل صالحا وقال إنني من مسلمين

:siapakah(tidak ada) yang paling baik perkataannya daripada orang yang berdakwah kepada(agama) Allah dan beramal shalih dan mengatakan:aku termasuk orang muslim.

2.Allah ta’ala berfirman didalam surat Ali ‘Imran ayat 104:

ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر,وأولئك هم المفلحون

:hendaklah ada satu golongan(umat) dari kamu yang mengajak kepada kebaikan menyuruh untuk melakukan kebaikan dan mencegah dari kemunkaran,sekalian mereka adalah orang-orang yang beruntung.

3.Berdakwah dijalan Allah berada diatas ilmu dan tujuan yang jelas dan mulia,yaitu keridhoan dari Allah.Allah jalla wa’ala berfirman didalam surat Yusuf ayat 108:

قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني,وسبحان الله وما أنا من المشركين

:katakanlah:inilah jalanku aku mengajak kepada Allah diatas ilmu(bashiroh) dan orang yang bersamaku,maha suci Allah dan aku bukanlah termasuk orang yang musyrik.

4.Didalam kitab Hadits Shohih Bukhari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda kepada Ali bin Abi Thalib رصي الله عنه:

فوا الله! لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم

:demi Allah! seandainya Allah memberi hidayah(petunjuk) kepada seseorang melalui perantaraanmu,hal itu jauh lebih baik bagimu daripada onta merah.

onta merah adalah kendaraan yang paling mewah dan mahal serta paling bergengsi dikalangan Arab dahulu.

5.Terdapat satu Hadits didalam kitab Shohih Muslim yang diriwayatkan dari Abu Hurairah رضي الله عنه,Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى, كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ, لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا,

:Barangsiapa yang mengajak kepada kebenaran,maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang mengikutinya,tanpa dikurangi sedikitpun.

Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita tentang Dakwah dan menambah semangat kita dalam berdakwah dijalan Allah dengan penuh rasa ikhlash dan sabar.

وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى أله وأصحابه أجمعين

Kretek Bantul Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *